Sunday 15 March 2015

Yamaha R25 Bakal Dikaruniai Fitur Antimaling di Tahun Depan

Guna menambah nilai produk andalannya di segmen sport 250 cc, PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) tengah mengembangkan kelengkapan fitur baru. Kelengkapan ini berupa sistem immobilizer yang biasa terdapat di beberapa mobil masa kini, juga ada beberapa di sepeda motor tertentu.

Yamaha R25 Bakal Dikaruniai Fitur Antimaling di Tahun Depan
Dari pantauan langsung di lapangan, Yamaha Indonesia memamerkan sistem ini di salah satu pojok perhelatan Yamaha ASEAN Cup Race 2014, di Sirkuit Sentul, Bogor, Sabtu-Minggu (6-7/12/2014).
Di tenda khusus ini, Yamaha menunjukkan teknologi immobilizer yang berguna meningkatkan keamanan sepeda motor konsumen dari aksi kejahatan pencurian. Singkatnya, sepeda motor tidak bisa distater tanpa kunci asli yang telah dilengkapi dengan transponden yang tertanam di anak kunci.
Jika sepeda motor tetap dinyalakan dengan kunci duplikat, mesin tidak bisa menyala, dan beberapa detik menyusul alarm peringatan yang menarik perhatian orang sekitar.
Alat ini terdiri dari serangkaian kabel yang terkoneksi pada kabel starter dan modul khusus. Anak kunci akan memperoleh transmiter khusus yang didesain apik seolah menyatu.
Sedangkan rumah kunci, dipasang transponden yang menerima sinyal dari transmiter di anak kunci, sehingga modul mengenali kunci itu asli, dan mesin bisa hidup.
Sistem ini belum dijual resmi di pasar, tetapi Yamaha akan memawarkannya dalam fitur tambahan dengan tambahan biaya tertentu mulai tahun depan (2015). Soal harga, juga masih belum ditentukan.

1 comment: